Selasa, 16 Desember 2008

Blackberry



BlackBerry




BlackBerry adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.


Sejarah Blackberry

Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam ini mengejutkan dunia.




Blackberry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama Blackberry. Di Indonesia, Starhub menjadi bagian dari layanan dalam segala hal teknis mengenai instalasi Blackberry melalui operator Indosat. Indosat menyediakan layanan Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server Pasar Blackberry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelkom dan Telkomsel. Excelkom menyediakan dua pilihan layanan yaitu Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server+ (BES+). BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sementara, operator Telkomsel hanya menyediakan Blackberry sebagai bagian dari layanan korporasi dengan Blackberry Enterprise Server. Pada awalnya, layanan Blackberry hanya bisa diakses melalui smartphone Blackberry saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ketiga operator ini telah menyediakan fasilitas Blackberry Connect yang memungkinkan Blackberry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain seperti Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61), Sony Ericsson P910i, M600i, Palm Treo, Dopod, dan lainnya. Sejauh ini, fasilitas Blackberry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.

Produk Unggulan Blackberry

Produk yang menjadi andalan utama dan membuat Blackberry digemari di pasar adalah surat-e gegas (push e-mail). Produk ini mendapat sebutan surat-e gegas karena seluruh surat-e baru, daftar kontak, dan informasi jadwal (calendar) “didorong” masuk ke dalam Blackberry secara otomatis.

Seperti yang telah disebutkan di atas mengenai keunggulan dari Blackberry, yaitu push e-mail. Dengan push e-mail semua e-mail masuk dapat diteruskan langsung ke ponsel. E-mail juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server Blackberry sehingga aman dari virus. Lampiran file berupa dokumen Microsoft office dan PDF dapat dibuka dengan mudah. sebuah e-mail berukuran 1 MB, jika diterima melalui push e-mail dapat menjadi 10 kb dengan isi yang tetap. (RBA4762)

Pengguna tidak perlu mengakses internet terlebih dulu dan membuka satu persatu surat-e yang masuk, atau pemeriksaan surat-e baru. Hal ini dimungkinkan karena pengguna akan terhubung secara terus-menerus dengan dunia maya melalui jaringan telepon seluler yang tersedia. Alat penyimpanan juga memungkinkan para pengguna untuk mengakses data yang sampai ketika berada di luar layanan jangkauan nirkabel. Begitu pengguna terhubung lagi, Blackberry Enterprise Server akan menyampaikan data terbaru yang masuk.

Kelebihan lainnya

Kelebihan lainya adalah kemampuan Blackberry yang dapat menampung e-mail hingga puluhan ribu tanpa ada resiko hang, asalkan masih ada memory tersisa. Blackberry juga bisa digunakan untuk chatting. Mirip dengan Yahoo Messenger, namun dilakukan melalui jaringan Blackberry dengan memasukan nomor identitas. Semua layanan Blackberry ini dikenal sangat aman baik e-mail, chatting, maupun browsing. untuk browsing internet data-data dari website sudah dikompresi sehingga lebih cepat dibuka.

Fasilitas lainnya

Fasilitas lain yang menjadi andalan Blackberry adalah pesan instan. Yahoo Messenger, Google Talk dan Skype kini telah menjadi rekanan dengan Blackberry. Teknologi terkini memang memungkinkan kita untuk “mengobrol” (chatting) di internet melalui telepon genggam dan Personal Digital Assistant (PDA). Tetapi yang berbeda pada Blackberry adalah proses instalasi lengkap yang bisa dilakukan nya melalui jaringan nirkabel. Keunggulan lain juga hadir melalui teknologi kompresi yang menyebabkan biaya akses menjadi murah dan pemberitahuan jawaban pesan melalui tanda getar pada Blackberry. Penggunaan Blackberry semakin meluas dengan hadirnya fasilitas koneksi Blackberry (Blackberry Connect). Dengan Blackberry Connect, pengguna tidak lagi harus menggunakan perangkat genggam Blackberry untuk memanfaatkan Blackberry Internet Solution. Pengguna hanya perlu menginstalasi Blackberry Connect pada smartphone merek apapun yang dimiliki, kita bisa memanfaatkan Blackberry Internet Solution.

Sistem Operasi

RIM menyediakan sistem operasi multi-tugas (multi-tasking operating system - OS) bagi Blackberry yang memungkinkan penggunaan secara intens dari sebuah alat . OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan kalendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara OS 4 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalendar, daftar tugas, catatan dan buku telepon, serta tambahan dukungan bagi Novell GroupWise and Lotus Notes.

Produk Terbaru Blackberry

§ Blackberry Bold 9000

BlackBerry Bold 9000,

§ Jenis-jenis Blackberry

Daftar Referensi :

Google.co.id

Wikipedia

Koran Pulsa


11 komentar:

...nezzie... mengatakan...

bisa ga yaa beberapa tahun lagi harga blackberry turun DRASTISS???


soalnya gue pengen banget BLACKBERRY tapi kok cuma buat kalangan menengah ke atas yaa???

CUIIIHH...........!!

tolong donk blackberry dimurahin.....kan banyak yang mau beli,,klo banyak yang beli itungannya kan UNTUNG JUGA!!!


YA GA SEEEEHHH???!!!

Unknown mengatakan...

Blackberry memang di segmentasikan untik pasar menengah ke atas dengan segala fiturnya yang diperuntukan bagi executive muda dengan aktivitas yang sangat tinggi..
Bagi mereka yang menginginkan serupa dengan blackberry.. Bolehh dicoba leat-liat toko handphone dan cari Nokia E71 jika tidak juga sesuai kantong coba lagi dengan E63.. Pasti dapat HP yang sejajaran blackberry dengan harga yang lebih murah juga bayaran bulanan yang seperti biasanya. Tidak percaya?? Silakan dicoba!

GUMILAR Griya Rias dan Kecantikan mengatakan...

waah fiture2 ny emang menggiurkn!
hhm tp emang c..blackberry kyny lbh cocok ke kalangan kantoran..
yaah mrk2 yg udah semakin sibuk dgn bisnis2 ny itu =)

*fallenstar mengatakan...

aduduhh... ini demam blackberry.
sayangnya cuman satu sih ya, kadang teknologi jadi fungsinya ga maksimal di tangan orang2 yang cuman melihat itu dari prestige nya aja..hehe

Anonim mengatakan...

demam blackberry mmg sedang merajalela, tdk bs dipungkiri ayah saya pun terkena demam blackberry. seperti pengamatan saya, org2 skr bnyk yg terkena virus trend,, memiliki suatu barang hny krn image yg tinggi.
menurut saya kualitas dr suatu produk mulai di nomor sekian kan oleh masyarakat hny krn prestis dr suatu barang tersebut.
apakah selama nya kita akan didoktrin oleh tren2 yg mkin lama mkin meracuni pkiran masyarakat ?
menurut saya seharusnya kualitas yg paling pertama jika ingin memilih suatu produk..

Anonim mengatakan...

fitur yg canggih, fitur yg sangat memanjakan kaum metropolitan dari mahasiswa hingga kalangan kelas atas tapi jaman sekarang anak 12 tahun udah pake blackberry loh gw liat di senayan city ada anak 12 tahun pake blackberry, tapi kayak'a kurang 1 fitur yang bisa menyempurnakan blackberry tersebut yakni video call

wana hodori mengatakan...

pake alat komunikasi aja koq mesti ngikutin jaman..weleh weleh
kayanya semua orang yg mengaku sadar teknologi mesti punya BB yah hahahaha...pdhal blm tentu cocok dengan pekerjaan atau pendidikan mereka..
mendingan pake N81 8gb aja hahahaha jd promosi neh..
bukannya ga mau ngikutin jaman, cuma kynya lebih enak jd trendsetter dr pd cuma jd copycat haha..

maya-pertekom mengatakan...

BlackBerry Menjamurrr!!!!!
gila!!ampir tipa orang pake ni HP , dalam berbagai type c, tp tetep judulnya BLACKBERRY
heran!! gada hp laen apa yah..hehehe..

artikelnya bagus, banyakin lagi tentang gadget" terbaru..
ok2??

Anonim mengatakan...

blackberry yaaa? sbnrnya pas dr jaman2 BB belom masuk ke indo (cuma liat dr majalah banyak artis Hollywood yg pake BB) udah mupeng banget pengen punya BB. oiyah sblmnya lg ada tuh merk nya sidekick dari T-Mobile. yaaa henfon2 canggih gt yg connect terus ke inet. gayaaaaa banget ga siihhhh, update terus2an haha. dan ga lupa juga yg paling penting dr itu semua adalah PRESTIGE nya.. ya pada intinya pengen punya barang kaya gt yaa lebih ke prestige sih. bangga, "nih saya punya hape yg lg happening loh!"
kalo emg punya duit dan berkecukupan sih saya mau banget punya BB, muahahaha. suka bangett, pewe. dan skrg hape yg saya pake jg udh menyerupai BB sih cuma dengan merk inisial "N" (abalannya BB kalo kata org2). saya emg suka hape dgn keypad lengkap kaya keyboard laptop/pc gt. lebih enak ngetiknya heuheu. aduh ko agak ngelantur yaa. hmmm intinya kalo saya pribadi sbnrnya suka banget BB tapi saya ga sanggup bwt bayar tagihan tiap bulannya ehehehe. jadi yudahyahlaa nikmatin dan syukurin ajaa apa yg udah saya punya skrg karna itu jg sbnrnya udh lebih dr cukup. dan sbnrnya ga penting2 banget juga bwt saya yg notabene masih seorang mahasiswa yg ga segitu butuhnya untuk terus2an connect ke inet dan kirim2an e-mail (kirim e-mail aja bisa cuma setaun sekali hahaha)

Anonim mengatakan...

BB mahal segala galanya bo.

tapi seru juga bisa onlen dengan nikkmaat..eh tapi kalu lagi lemot lebih lama dari opera mini siah.
cobain deh..

beliin donk..

Anonim mengatakan...

BB sekarang udah makin turun kok harganya, tapi teteup mahal.
Banyak orang yang pake tapi ga memaksimalkan fungsi BB itu sendiri, jadi cuman buat gaya doang.
Kalo gue sih dengan harga BB bisa dapet hp yang menurut gw lebih worth it lah kayak N97 atau iPhone.