Rabu, 12 November 2008

Internet Bukan Media Massa

Internet bukan media massa?? kalau dilihat dari topik tersebut, banyak hal yang bisa kita persepsikan. Pertama, kalau hanya melihat secara global dari "internet bukan media massa" nya saja dan berdasarkan sudut pandang orang-orang awam, kami tidak akan setuju dengan topik tersebut. Karena banyak orang yang setuju kalau internet merupakan salah satu media massa. Melalui internet, kita bisa mendapatkan banyak informasi dari dalam dan luar negeri.



Ada banyak keguanaan internet, yaitu: fungsi komunikasi pertukaran pesan melalui email; fungsi resource sharing, memudahkan kita untuk mencari software essay data dan program dari ribuan titik distribusi di seluruh dunia; fungsi resource discovery, bernavigasi untuk mencari file tertentu, dokumen, host atau orang-orang diantara jutaan host; fungsi komunitas, berguna untuk suatu komunitas untuk tidak hilang kontak saling berhubungan.

Tapi, lain hal nya untuk orang-orang seperti kami yang sudah belajar di ilmu komunikasi dan tahu apa itu media massa dan internet. Kami setuju dengan "internet bukan media massa". Karena pada dasarnya, internet merupakan network of computer network. Internet adalah jaringan terbuka dan berbagi jaringan komputer yang berhubungan secara global dengan menggunakan mekanisme TCP/IP (Transfer Control Protocol/ Internet Control).

Media massa pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua kategori, yakni media massa cetak dan media massa elektronik. Media cetak yang dapat memenuhi kriteria sebagai media massa adalah surat kabar dan majalah. Sedangkan media elektronik yang memenuhi kriteria media massa adalah radio siaran, televisi, film, media online – (internet).

Internet adalah perkakas sempurna untuk menyiagakan dan mengumpulkan sejumlah besar orang secara elektronis. Informasi mengenai suatu peristiwa tertentu dapat di transmisikan secara langsung, sehingga membuatnya menjad suatu piranti meriah yang sangat efektif. Banyak sekali forum yang tersedia untuk tujuan istimewa ini.

Menurut LaQuey (1997), internet merupakan jaringan longgar dari ribuan computer yang menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Misi awalnya adalah menyediakan sarana bagi para peniliti untuk mengakses data dari sejumlah sumber daya perangkat keras computer yang mahal. Namun, sekarang internet telah berkembang menjadi ajang komunikasi yang sangat cepat dan efektif, sehingga telah menyimpang jauh dari misi awalnya. Dewasa ini, internet telah tumbuh menjadi sedemikian besar dan berdaya sebagai alat informasi dan komunikasi yang tak dapat diabaikan.

Menurut LaQuey juga, yang membedakan internet (dan jaringan global lainnya) dari teknologi komunikasi tradisional adalah tingkst interaksi dan kecepatan yang dapat dinikmati pengguna untuk menyiarkan pesannya. Tak ada media yang memberi setiap penggunanya kemampuan untuk berkomunikasi secara seketika dengan ribuan orang.

Sebagai sistem telekomunikasi (komunikasi jarak jauh), internet tidak dapat dikategorikan sebagai madia massa. Internet hanya sebagai wadah atau sarana dalam penyampaian informasi. Layanan dan aplikasi yang didalamnya baru merupakan media massa.



1 komentar:

*fallenstar mengatakan...

waduh, kalau menurut saya sih, internet bukan media massa lagi.. tapi media universal..hehhee

karena semua bisa mengakses sdengan mudah..hehhee